Resep Masakan Pedesan Entog khas Indramayu

Resep Masakan Pedesan Entog khas Indramayu

Resep Masakan Pedesan Entog khas Indramayu
Hari ini menunya masih Ayam...hihi. Buat teman-teman yang mencari ide menu buka atau sahur, minggu ini full edisi Ayam atau Daging ya..jadi silahkan di coba resep-resp yang sudah aku share seminggu ini ya. Untuk edisi minggu besok, campur-campur dulu ya menunya, biar nggak bosan. 

Resep Masakan Pedesan Entog khas Indramayu

Oke...untuk kali ini aku share resep peserta giveaway juga ya..menu ini khas Indramayu. Rasanya pedes seger sekali. Cocok untuk menu berbuka puasa atau menu Sahur ya teman-teman. Untuk tingkat kepedasan sesuai selera ya. Tapi memang lebih cocok jika pedas...cabai rawit merah..hihi. Aku dua kali coba, yang pertama pakai cabai merah biasa, kurang nendang rasanya. Setelah mencoba bersi yang Cabai rawit...hemmm sedep sekali rasanya...pedes dan seger.

Oke..aku share ya resepnya teman-teman, selamat mencoba...
Resep Masakan Pedesan Entog khas Indramayu

Bahan :
1 ekor Entog..aku ganti Ayam Pejantan, rebus api kecil untuk buat kaldu hingga bening, sisihkan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 batang serai
2 lembar daun jeruk
1/2 sendok makan gula pasit
1 sendok teh kaldu ayam...dan garam sesuai selera

Bumbu halus :
8 butir bawang Merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm jahe
100 gram cabai rawit ( sesuaikan selera pedasnya )

Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan air kaldu dan ayam yang sudah di potong
Masukkan bumbu lain
Masak hingga bumbu meresap..mau berkuah atau hingga kental boleh2 saja
Resep Masakan Krengsengan Daging Jawa Timur

Resep Masakan Krengsengan Daging Jawa Timur

Resep Masakan Krengsengan Daging Jawa Timur
Kali ini kiriman Ibu Bara dari Jawa Timur. Nama menunya..Krengsengan Daging. Menu kiriman Ibu Bara ini nggak pakai Petis ya...aku kok malah suka rasanya..di banding dengan yang Kresengan pakai Petis..agak amis aromanya..hihi. Kalau ini lebih njawani soft gitu..gurih manis dan sedikit pedas.

Menu ini sangat cocok untuk menu berbuka atau sahur teman-teman. Jika buat menu berbuka, padukan dengan sayur berkuah yang agak tawar seperti sayur nangka muda, atau sayur aneka tumisan cocok juga. Jika untuk sahur juga cocok, karena lebih miroso bumbunya, jadi bisa membangkitkan selera di pagi hari di kala keluarga masih mengantuk..mencium aroma harum masakan ini, pasti dech langsung melek..hihi.
Resep Masakan Krengsengan Daging Jawa Timur

Agar lebih sedep, aku pakai Daging bagian Koyoran, atau Sandung Lamur juga boleh, jadi lebih sedep dan gurih. Sebelum di masak, di presto dulu hingga empuk. Jadi waktu mengungkep dengan bumbunya bisa cepat empuk. Jenis masakan seperti ini memang jenis masakan yang harus sabar ya, butuh waktu hingga bumbu bisa mengental dan mlekoh gini dengan api kecil. Jadi saran aku jika mau masak  buat buka atau sahur agar tidak terburu-buru...lebih baik di masak di siang hari. Jadi sore atau malam tinggal di panaskan untuk sahur. Oke, langsung saja ya..aku share resepnya teman-teman. Aslinya Ibu Bara pakai daging Ayam. 

Resep Masakan Krengsengan Daging Jawa Timur

Bahan :
500 gram Daging, boleh bagian apa saja, presto hingga empuk, potong-potong
2 lembar daun salam
1 serai
2 cm lengkuas
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu sapi / garam sesuai selera 
Bumbu Halus :
10 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 kemiri
2 cm jahe
4 cabai rawit, aku cabai merah..karena untuk Yodha
1 /2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan sisa kaldu rebusan daging dan daging
Masukkan semua bumbu lain
Tutup panci..masak hingga meresap bumbunya dan kuah mengental
Koreksi rasa

Sauto khas Wonosobo

Sauto khas Wonosobo


Sauto...atau sebutan lain Soto. Indonesia kaya akan menu aneka Soto ya teman-teman. Sepintas semua soto itu mirip-mirip ya teman-teman. Padahal beda bumbu, beda rasa lho teman-teman Soto itu. Di Wonosobo jenis Sotonya juga berbeda. Jadi tau dech setelah dapat kiriman resep dari mba Asyahristanti...Soto dari daerah Wonosobo ternyata memakai Tauco dan kaya rempah.


Dulu aku kurang suka Tauco, karena pertama beli Tauco di supermarket, rasanya asin sekali..hihi. Setelah aku coba yang versi manis, aku jadi suka sekarang. Kalau yang asin itu dominan asin semua rasanya, kalau yang manis asal takarannya pas tidak begitu mempengaruhi rasa keseluruhan masakan, hanya menambah gurih rasanya.

Tauco adalah bumbu fermentasi dari kacang kedelai, yang biasa di pakai untuk berbagai jenis masakan. Misal bisa untuk tumisan, atau untuk menu berkuah seperti swike, dll. Tauco yang enak itu aku suka yang dari daerah Pekalongan. Di sana memang terkenal juga dengan Soto Tauconya ya. Tapi beda rasanya. Kalau Soto Tauco Pekalongan itu lebih merah warna kuahnya, pakai Sambal Tauco. Kalau Soto ala Wonosobo ini, Tauconya di campur ke dalam kuah Soto yang gurih dan segar.

Okeh, langsung saja aku share resepnya ya..semoga bisa menjadi ide menu berbuka puasa atau Sahur juga cocok ini teman-teman. Di nikmati bersama Ketupat...rasanya seger dan sedep sekali. 

Sauto Wonosobo

Bahan :
500 gram Daging..aku pakai Kisi
2 lembar daun jeruk, 1 sereh, 2 cm lengkuas, 2 sendok makan Tauco manis, air 1500 ml air.
1sendok makan gula merah ( sesuai selera ) , kaldu sapi, garam secukupnya 
Bumbu halus : 

6 bawang merah, 3 bawang putih, 1 sendok teh jintan, 1/8 butir pala, 1 ruas kunyit, 1 cm jahe

Bumbu rempah : 1 kapulaga, 3 cengkeh, 1 cabe jawa, 1 pekak

Cara membuat :
Presto daging, hingga empuk, potong2 kecil dagingnya
Tumis bumbu halus, masukkan ke rebusan daging
Masukkan semua bumbu
Masak hingga meresap

Sajikan Sauto dengan lontong, soun, daun bawang dan tauge, sambal.


Ayam Kuluyuk

Ayam Kuluyuk


Masih menu praktis untuk berbuka atau Sahur ya teman-teman. Kali ini aku share resep peserta #giveawaydiahdidi yang terpilih untuk aku recook. Resep ini mudah sekali, kiriman dari mba Siska. Resepnya enak...suka dech. Sepintas mirip dengan Asam Manis, tapi Ayam Kuluyuk ini lebih enak bumbunya lebih kayarasa.

Jadi Ayam Kuluyuk ini merupakan menu Chinese food klasik ya, yang sudah melebur dengan kuliner Indonesia, dengan pemakaian bahan yang lebih mudah di temui. Bumbu juga. Cocok dech aku dengan menu ini, karena tidak memakai bumbu yang ribet yang susah di cari, tapi cukup dengan bumbu yang tersedia di dapur kita. 

Karena mba Siska kirim resepnya nggak pakai takaran bumbu, ini aku sesuaikan seleraku ya teman-teman takaran bumbunnya...agar lebih mudah untuk teman-teman jika mau mencoba. Untuk Ayam pakai fillet bagian dada yang empuk dan mudah matang. Menu ini enak dan cocok untuk menu berbuka atau sahur untuk a nak-anak. Serta penampilannya menarik, pasti akan menambah selera makan anak-anak dan mereka tambah semangat untuk puasa ya. 

Untuk pelapisnya, aku pakai TEPUNG KRISPI yang biasa aku pakai di rumah, jualanku..hihi. Rasanya soft, jadi cocok untuk tepung pelapis aneka masakan berbumbu ala oriental begini...atau untuk Steak Krispi, dll. Yang minat sms atau wa aja ke 089654712500 ya. Jika nggak ada bisa pakai Tepung berbumbu biasa, tapi pilih yang jangan terlalu asin ya. Jika asin..rasa masakan akan dominan asinnya nanti, jadi kurang oke. Yuk langsung saja di catet, buat menu sahur pertama anak-anak nanti..pasti dech enak...!

Ayam Keluyuk
Bahan :
250 gram Fillet Ayam, potong tipis kecil-kecil
150 gram TEPUNG KRISPI ( atau tepung berbumbu lain ya  )

150 ml air
2 sendok mkn saus tomat
1 sendok mkn saus tiram
1 sendok mkn kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya
Brokoli dan tomat optional
Paprika / Cabe besar merah dan hijau secukupnya, potong-potong
Cabai rawit secukupnya jk suka pedas, potong-potong
1 buah bawang bombay, iris tipis
1 siung bawang putih, cincang
3 butir bawang merah, cincang
2 batang daun bawang, iris

Cara membuat :
Bumbuin ayam denga sedikit garam dan merica, lumuri tepung bumbu, goreng hingga kering
Tumis semua bawang hgg matang
Masukkan cabe..aduk hgg layu, masukkan air dan semua bumbu
Masak hingga agak mengental, masukkan Ayam goreng. Aduk cepat dan segera sajikan ya agar ayam tidak lembek.


Steak Ikan Kakap Krispi

Steak Ikan Kakap Krispi


Alhamdulillah sudah mau masuk bulan Puasa lagi ya teman-teman. Semoga lancar ya menjalankan Ibadah Puasanya. Jika memerlukan inspirasi menu untuk berbuka dan sahur, silahkan di webku banyak ya..ada 2000 an resep..hihi. Untuk menu-menu spesial yang cocok untuk menu puasa udah aku kasih label, inspirasi menu buka puasa atau inspirasi menu sahur, atau menu takjil. Jadi bisa di search dengan ketiga kata kunci itu ya, nanti akan muncul banyak link resepnya. Jika search via google, bisa juga nanti langsung ke link resep, tapi sertakan di belakangnya..diah didi gitu ya..misal : Menu Inspirasi Buka Puasa Diah Didi...nah nanti banyak muncul linknya, tinggal di klik dech.

Nah..kali ini aku mau memberikan satu menu lagi nich, cocok untuk buka Puasa pertama anak-anak nich..sehat dan bergizi, dan tentu saja menarik dan enak. Jadi biar anak-anak bisa semangat puasanya ya teman-teman. Menu ini juga cocok misal mau jadi menu takjil di Masjid, atau misal ada acara buka bersama..karena praktis sudah ada protein dan karbohidrat juga. Dan yang pasti beda dari menu harian biasanya, pasti lebih menarik.

Menu inspirasi untuk buka puasa kali ini adalah , Steak Ikan Kakap Krispi. Anak-anak pasti suka yang gurih dan renyah ya. Padukan dengan Saus yang ringan dan segar, jadi cocok untuk asupan gizi di bula puasa nanti. Untuk Ikannya, aku pakai Ikan Kakap. Dagingnya lembut dan filletnya tanpa duri, serta rasanya gurih..jadi enak sekali di buat Steak seperti ini. Untuk Sausnya versi yang praktis saja..campuran beberapa macam saus saja sudah enak sekali rasanya. 

Untuk lapisan krispinya, aku pakai Tepung krispi, karena rasanya yang pas, nggak terlalu asin, jadi sangat cocok untuk membuat Steak Krispi seperti ini. Yang mau coba silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya. Untuk stok Tepung praktis di bulan puasa ini, ada juga Tepung Tempura ala Jepang, yang bisa untuk membuat aneka gorengan ala Jepang, itu juga cocok untuk menu berbuka atau Sahur ya. Ada Tepung Mendoan, Bakwan, Tepung Cireng, praktis..sudah berbumbu tinggal kasih air dan bahan lain, jadi cocok buat menhemat waktu di dapur..hihi. Silahkan aku masih buka order sampai kurir tutup..hahah. Biasanya kalau JNE, Pos, dan Wahana, tetap buka sampai deket-deket Lebaran kok jadi aman-aman aja.

Oke, langsung saja ini dia ya resepnya :
Steak Krispi Ikan Kakap

Bahan :
500 gram Fillet Ikan Kakap, potong tipis-tipis
200 gram Tepung Krispi

Saus Praktis :
Bahan Saus :
5 sendok makan saus tomat
1 bungkus saus tiram ukuran kecil
500 ml air
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
sedikit tepung tapioka untuk pengental
1/2 buah bawang bombay, iris tipis.

Cara membuat saus :
Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan semua bahan lain dan masak hingga mendidih. Kentalkan dengan tepung tapioka yang sudah di encerkan dengan sedikit air.

Pelengkap :
Kentang goreng dan aneka sayur rebus sesuai selera

Cara membuat :
Lumuri ikan dengan bumbu dan sedikit air : 1 siung bawang putih, haluskan, 1/4 sendok teh garam, 1/8 sendok teh merica bubuk, dan 1 cm jahe, memarkan
Ambil 60 gram Tepung krispi, larutkan dengan air secukupnya ( kira2 aja ), hingga jadi adonan yang agak kental tapi nggak kental banget ya.
Panaskan minya goreng
Celup potongan fillet ikan ke tepung basah, gulingkan ke tepung kering, sambil di cubit-cubit
Goreng hingga matang dan kriuk luarnya
Sajikan dengan pelengkap dan saus


Lumpia Semarang Gurih

Lumpia Semarang Gurih


Lama nggak bikin Lumpia...hihi. Beragam resep Lumpia udah pernah aku share di web ini, dari yang versi Lumpia semarang goreng, basah, manis, hingga penggantinya pakai Bengkoang jika tidak ada rebung, lumpia sayur, tahu, jamur dll..semua ada di webku. 

Aneka resep Lumpia silahkan cek di link berikut ya, siapa tahu bisa jadi ide menu untuk takjil buka puasa...buat penyuka gorengan. Jadi..kalau biasanya berbuka dengan yang manis itu sunnah...kalau berbuka dengan gorengan..wajib..hahah...kadang kalau guyonan penyuka gorengan gitu ya. Tapi memang nikmat, berbuka dengan gorengan anget-anget ketika sudah hilang dahaga dengan minum minuman manis, dll.


Jadi silahkan di pilih mau bikin Lumpia apa ya teman-teman. Untuk kulit Lumpia, jika yang tipis aku lebih suka beli, praktis di sini banyak. Karena jika buat sendiri, repot dan ribet. Aku yang bikin biasa yang di dadar jika ingin kulit lumpia yang beda. Kalau yang di beset itu agak susah prosesnya. Jadi adonan seperti adonan roti yang lembek gitu kemudian di besetkan ke wajan besi panas. Jadi hasil bisa tipis. Aku pernah lihat di sentra industri kulit lumpia di Kranggan, kalau melihat sich mudah, tapi prakteknya susah..hahah. Kalau mau kursus di sana juga bisa lho..tapi mahal aku pernah tanya..3 jutaan..hahah. Ah..mending beli kulit lumpia jadi mah kalau aku..3 ribu bisa dapat 15 lembar udah tinggal bungkus...hahah. 

Oke..jadi hari ini aku mau share resep Isian Lumpia Semarang yang versi gurih ya. Jadi di Semarang itu Lumpia di pinggir jalan kebanyakan itu manis sekali...karena over kecap atau gula. Menurutku malah mblenger rasanya. Apalagi yang beli di pinggir-pinggir jalan. Jika mau Lumpia yang enak dan soft rasanya bisa di coba di Lumpia Gang Lombok. Di situ ringan aja isinya enak. Nah..kalai ini aku mau share isian Lumpia Semarang  yang rasanya ringan gurih aja..nggak manis banget.

Isian kulit Lumpia rebung banyak yang mengeluhkan aromanya yang agak kurang sedap. Sebenernya jika fresh..rebung itu nggak bau lho teman-teman. Yang bau itu biasanya sudah lama di rendam di air, atau rebung kaleng. Alhamdulillah kalau di pasar dekat rumah banyak rebung fresh yang baru terus. Tapi jika buat teman-teman, jika menemukan rebung yang kurang segar, rebus bebeberapa kali ya agar berkurang aromanya. Bumbuin dengan lebih kuat, tapi tetap seimbang ya gurihnya.

Oke..aku share resepnya ya..semoga bermanfaat buat teman-teman..dan selamat mencoba ya...:
Lumpia Semarang Gurih

Bahan :
Kulit Lumpia Siap Pakai

Bahan Isian :
500 gram Rebung segar , potong korek api, rebus
100 gram Udang segar, kupas, cincang kasar
1 sendok makan gula ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu jamur / ayam dan garam sesuai selera
2 sendok makan saus tiram
2 - 4 butir Telur ( jumlah telur sesuai selera, makin enak jika banyak telurnya )
100 ml air

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan Udang, aduk hingga berubah warna, sisihkan di pinggir wajan
Masukkan telur, buat orak arik
Masukkan rebung, air dan bumbu lain, aduk rata
Masak hingga meresap dan agak kering
Siapkan kulit lumpia, beri isi secukupnya
Gulung, rekatkan ujungnya dengan putih telur
Goreng hingga matang
Sajikan hangat ya, agar tetap kres rasanya


Empis - Empis Ikan

Empis - Empis Ikan


Empis-Empis, adalah makanan khas dari Temanggung. Setauku dulu seperti sayur santan berkuah pedas yang memakai cabae hijau dalam jumlah banyak dan di masak hingga medok kuahnya, jadi cabenya agak layu gitu. Isinya bisa Tahu atau Tempe. Tapi ternyata..ada juga Empis-Empis Ikan lho di Temanggung teman-teman. Jadi mungkin Empis-Empis ini lebih mengacu ke bumbu cabai hijaunya yang banyak ya...bukan bahan isian atau yang di masak. Karena ternyata  bisa pakai Ikan, Ati Ampela, dll. Dan tidak semua bersantan, ada juga yang berkuah tanpa santan, berkecap seperti ini.

Baiklah..jadi tau kan sekarang, setelah aku ngadain event #giveawaydiahdidi yang bertema resep daerah. Semoga bisa bermanfaat ya buat teman-teman lain juga..agar resep-resep tradisional dari berbagai daerah yang unik-unik seperti ini bisa di kenal luas. Jadi ayuk yang punya resep andalan keluarga, silahkan ya..jika mau di share juga. Berbagi ilmu, dan juga bisa berkesempatan memenangkan salah satu hadiah, dari total hadiah 20 Crepes maker lho dan hadiah lain. Silahkan cek di Ig aku di akun @bunda_didi ya..atau langsung cari di #giveawaydiahdidi..ada kok syarat dan ketentuannya. Untuk Give away kali ini aku adakan di Ig, agar lebih mudah mengumpulkan resep-resep peserta di sana. 

Resep Empis-Empis ini kiriman mba Naimma dari temanggung. Aslinya  menggunakan cabai 250 gram..hihi. tapi aku kurangi aja seproh karena yang doyan cabai hijau gini cuma aku. Suamiku jika makan cabenya di sisihin...hihi. Padahal enak lho Cabai hijua itu..sedepnya khas menurutku. Atau dasar aku pemakan Cabe kali ya..hahah. cabe apa aja kok suka...!  Kalau di resep mba Naimma ini versi cepat dan praktis, beda sama Empis-Empis yang biasa aku masak, itu di masak api kecil dan lama hingga cabenya layu, dan di kuah santan itu ada aroma khas cabai hijau yang sudah layu. Aku niru dari Empis-Empis yang di jual di warung di Alun-Alun Temanggung yang aku coba waktu Lebaran lalu. Enak sekali...tapi yang ini juga enak.

Oke, langsung aja aku share ya resepnya teman-teman..selamat mencoba..jika suka...menu ini cocok..jadi menu sahur juga nich..catet ya.
Untuk Ikannya aku pakai Ikan Mujair Jowo, seperti ini..rasa Ikannya gurih sekali, sayangnya duri nya agak banyak..hihi. Aslinya sich pakai Ikan sungai yang langka..Ikan Uceng namanya..tapi aku nggak punya..jadi ganti Ikan air tawar lain bisa, misal Mujair Jowo ini.

Empis-Empis Ikan

Bahan :
1/2 kg Ikan Mujair
Lumuri dengan sedikit garam, goreng hingga kering

Bumbu :
250 gram Cabai Hijau keriting, iris serong ( aku 150 gram aja plus cabai rawit hijau )
2 butir bawang merah ( aku pakai 6 )
2 siung bawnag putih ( aku pakai 3 )
1 ruas jahe, geprek
1 batang serai, geprek
1 lembar daun salam
1/2 sendok teh  kaldu jamur dan garam secukupnya
1 sendok teh gula merah, dan 1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera
200 ml air

Cara membuat :
Tumis Bawang merah dan putih hingga harum
masukkan Cabai dan rempah daun, masak hingga cabai layu
Masukkan air, ikan dan bumbu lain
Terakhir masukkan Kecap manis, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap sebentar saja
Sajikan dengan Nasi hangat..Ini Enakkk..!




Pais Patin Khas Banjarmasin

Pais Patin Khas Banjarmasin



Menu Give away ke enam yang terpilih..masih olahan Ikan. Kali ini menu khas dari daerah Banjarmasin. Menu ini seperti pepes, berbumbu komplet dan memakai Belimbing Wuluh..jadi rasanya seger banget. Aslinya bentuknya seperti pepes, tapi waktu aku kukus kok keluar airnya..hahah. Mungkin aku membungkus pepesnya terlalu rapat, jadi sari kaldu ikannya tertahan di daunwaktu terkena uap air kukusan, dan jadilah malah sedikit berkuah seperti Garang asem. Tapi waktu aku ciicpin kuahnya, lha kok malah enak..seger banget. Ya udah lah..kebeneran kan jika berkuah.lebih seger..hihi.

Senengnya..seminggu ini full olahan Ikan...seandainya mau diet apa itu yang lagi nge tren yang di suruh makan Ikan terus, silahkan di contek menunya teman-teman agar tidak bosan makan Ikan..hihi. Aku sich apa-apa tak makan..yang penting sehat ya. Oh ya..minggu depan menu yang aku recook adalah olahan daging dan ayam ya..di tunggu lho buat teman-teman yang mau ikutan GA ku.

Menu ini kiriman dari mba Yana, yang asli Banjarmasin. Menu ini jadi favorit keluarga dan teman-teman beliau. Bahkan pernah menjadi andalan jualan juga lho. Wah..Terimakasih banyak ya mba..sudah mau berbagi resep andalan keluarga di #giveawaydiahdidi.  Seneng sekali bisa mencoba berbagai olahan menu dari banyak daerah di Indonesia yang nggak habis untuk di coba ternyata..saking banyaknya menu..hihi.

Oh ya..Ikan bisa di ganti Ikan lain juga kok jika kurang suka Ikan Patin..mungkin pakai Ikan Gabus atau Ikan Kuthuk enak juga. Untuk mengurangi amis Ikan yang jenis lemaknya tinggi ini bisakita lumuri air jeruk nipis waktu mencucinya. Jadi tidak akan amis ketika di masak kukus atau kuah seperti ini. Ini..Enakkk...! Beneran..hihi. Jadi ikutan Yodha..jika komen makanan enak singkat..Ini Enakkkk ! hihi.

Menu Ikan yang sehat, di kukus juga, tapi hasilnya bisa Lezat, jadi ayuk di coba teman-teman. Menu ini cocok jadi penggugah selera di waktu sahur lho. Catat yuk resepnya...:D

Pais Patin Khas Banjarmasin

Bahan :
1 ekor Ikan patin besar
2 sendok makan minyak Goreng
Garam dan Gula sesuai selera ( aku kira2 1  sendok teh garam dan ½ sendok makan gula )
Bumbu Iris :
5 buah Belimbing wuluh
2 buah tomat
5 butir Bawang merah
Cabai merah dan hijau besar ( aku lagi ngga punya ), aku ganti Kemangi , petiki aja daunnya ya..
Bumbu Halus :
6 buah Bawang merah
5 butir kemiri
3 cm lengkuas
3 cm kunyit
2 ruas jahe
1 batang serai
½ sendok teh terasi
8 buah cabai Rawit merah ( tambahanku sendiri )
Cara Membuat :
Bersihkan Ikan, potong-potong , cuci, lumuri dengan sedikit air jeruk nipis, cuci kembali hingga bersih
Campur Ikan dan semua bumbu, diamkan 15 menit agar meresap
Bungkus Ikan bentuk pepes
Kukus 30 menit
Sajikan hangat

Gulai Patin Daun Sirsak

Gulai Patin Daun Sirsak



Posting menu GA lagi ya teman-teman..maaf kemaren absen, padahal sudah ada dua baru yang aku coba. Gara-gara minggu ini kerjaan numpuk..kerjasama dengan pihak luar dan semua deadline sebelum tanggal 24 Mei ini...hihi. Jadilah pasrah sama waktu dan tenaga..*sak kecandake*..jika bahasa Jawa...ngerjain semua kerjaan satu-satu aja di nikmati agar semua selesai. Eh orderan Tepung leker dari pelangganku yang pengusaha gerai Leker  juga rekor terbayak bulan ini hingga hampir, 1.5 ton..alhamdulillah..lembur terus..:D


Tapi...masak untuk GA tetep lanjut ya kan udah janji aku..tenang aja teman-teman..toh tiap hari juga masak, jadi sekalian aja recook menu-menu baru dari peserta GA yang udah kirim resep. Yang mau ikutan ayuk cek di Ig aku ya..#giveawaydiahdidi...sampai minggu ketiga bulan puasa ya. Minggu besok resep-resep yang aku recook adalah resep berbahan Ayam dan Daging, jadi siapkan resep andalan keluarga masing-masing ya berbahan dasar Ayam atau Daging. Pemenang akan di umumkan tiap minggu, masing-masing 3 pemenang Crepes maker dari aku dan di akhir periode yang belum menang akan di undi untuk mendapatkan  hadiah menarik lain ya.

Menu Ikan yang aku masak ini adalah Gulai Patin Daun Sirsak, resep kiriman mas Rian ini enak, dan unik. Penggunaan daun sirsak di masakan ini berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol santan katanya. Dan setelah aku coba..enak lho..rasa daun sirsaknya nggak terasa, tetap dominan rasa gurih gulainya. Apalagi di tambah kemangi yang harum dan seger, hem..enak sekali. Rasa Ikan patin cocok di masak seperti ini ya teman-teman, karena dagingnya lembut dan mudah menyerap bumbu. Cocok nich buat alternatif menu sahur besok.

Agar tidak amis, lumuri ikan Patin dengan air jeruk nipis, cuci bersih, lumuri dengan sedikit garam, sebelum di olah. Waktu memasak jangan terlalu lama ya. Jika ingin kuah santan agak kental, Ikan bisa di angkat dulu jika sudah matang, lalu masak kuah hingga meresap dan kental, masukkan lagi ketika akan di sajikan. Atau bisa di goreng dulu, tapi menurutku lebih enak jika langsung masuk, jadi dagingnya lebih lembut . Jika di goreng dulu agak sepo ikan patin ini menurutku.

Oke, langsung saja ya ini dia resepnya, selamat mencoba ya teman-teman.

Resep GA lain yang sudah aku recook ada beberapa ya, siapa tahu bisa jadi ide menu Puasa nanti :
Gulai Daun Sirsak

Bahan :
1 ekor Ikan patin, potong jadi 4 bagian
3 lembar daun sirsak, 2 lembar daun jeruk purut
Kemangi secukupnya
Garam dan gula , kaldu sesuai selera

Haluskan Bumbu :
6 butir Bawang merah
3 siung Bawang Putih
2 butir Kemiri
8 buah cabai Rawit Merah
5 buah cabai Merah
1 cm jahe, lengkuas, kunyit
1/4 sendok teh merica  butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harusm dan matang
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan Ikan
Masak hingga meresap, terakhir masukkan kemangi
Koreksi rasa
Sajikan hangat
Liburan Singkat dan Seru Ke Bandung

Liburan Singkat dan Seru Ke Bandung

Liburan Singkat dan Seru Ke Bandung


Beberapa waktu lalu kita liburan singkat ke Bandung, waktu weekend aja. Tanpa rencana jauh hari sebelumnya sich. Yodha iseng aja bilang.." Kita ke Bandung yuk Mi..aku ingin kepengen ke Trans Studio lagi...! " Pas liburan beberapa waktu lalu, weekend kok ada libur 3 hari, aku iyakan aja. Liburan mendadak repot cari tiket dan hotel ?..Nggak sich..kan ada Traveloka..hihi. Praktis dan mudah, sambil tiduran juga cari tiket, hotel...walau nggak selalu dapat yang diinginkan sich ya jika cari tiket atau hotel di musim liburan..hahah..karena dadakan nyarinya kemaren..tapi tetap kita mah asyik aja jalan-jalan.

Sebenarnya kemaren mau ke Lembang juga, tapi karena musim Liburan, semua hotel rekomended dari Traveloka di sekitar Lembang kok sudah habis terpesan yang bagus-bagus, seperti Resort Sapu Lidi atau Imah Seniman, Sangria Resort, dll. Akhirnya kita putuskan untuk memesan Hotel di tengah kota saja..di daerah Braga. Pilihan kami adalah Hotel Ibis Braga. Hotel minimalis, tapi bersih dan letaknya tepat di sekitar kota Lama Bandung, jadi enak buat jalan-jalan sekedar jalan kaki sore hari, sudah bisa menikmati keindahan kota Bandung. 

Di pagi atau sore hari di sekitar jl Asia Afrika dekat hotel Ibis, kita bisa berjalan kaki menyusuri sekitar dan ada banyak seniman jalanan yang menambah meriah suasana. 

Suasana jalan di depan dan sekitar hotel Ibis Braga.








Siang hari di Bandung, karena males bermacet ria, kita ke Trans Studio Bandung saja. Seharian juga betah di sana jika kita bawa anak-anak ke sana..hihi. Trans Studio ini merupakan komplek wahana bermain Indoor yang besar dan luas, menyatu dengan Trans mall, di dalam Trans Studio terdapat banyak wahana permainan, lengkap dengan 20 lebih wahana permainan yang menarik untuk anak-anak maupun orang dewasa juga ada. Wahananya antara lain : Ocean world, Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, Vertigo,  Dragon Rider, Jelajah, Si Bolang, Theatre, Dunia lain, Kong Climb, Magic Corner, Special effect action, dll.

Tiket ke Trans studio, satu orang sekitar 300 ribu, tapi ketika membeli tiket kita akan di tawarkan paket satu kartu, misal seperti kami kemaren 3 orang, bayar 1 juta, nanti kembalian bisa di pakai untuk membeli makanan atau minuman di dalam. Untuk wahana, bisa di coba semua secara gratis. Jadi Trans Studio, cocok untuk wisata semua usia. Terutama sama anak-anak, pasti suka jika ke Trans studio Bandung ini.

Selain wahana permainan, di dalam Trans Studio juga di design seperti jalanan dengan kiri kanan ada berbagai penjual makanan dan minuman. Sayangnya cuma produk-produk tertentu saja..coba ada juga Abang tukang Bakso atau Siomay juga ya..hahah. Tapi ..enak di sana bisa menghabiskan waktu seharian tanpa bermacet-macet atau kepanasan, karena tempatnya adem.

Yodha sich suka semua wahananya...kecuali yang wahana Dunia lain..hahah. Seperti ini suasana di Trans Studio Bandung  :












Puas main di Trans Studio Bandung, kita belanja di daerah Dago...kita ketemuan sama ponakan dan kakak aku Jakarta yang menyusul ke Bandung. Biasa..kita jalan-jalan..shopping dan kulineran. Oh ya..waktu di Bandung aku juga mencoba berbagai kuliner khas Bandung yang terkenal, seperti Warung Makan Mah Uneh dan Warung C' Mar yang terkenal dengan menu khas Sunda, Batagor Kingsley,  Mie Yamien Akung, Lomie Imam Bonjol, hingga belanja pernak pernik alat baking ke TBK Ny. Liem...hihi. Tetep...belanja bahan kue dan alat-alat bikin kue nggak ketinggalan kalau aku. Komplet dan seru di sana semua ada pernak pernik unik untuk bikin kue.

Aneka menu Sunda di C'Mar yang terkenal di dekat Braga Bandung. Liputan kuliner lain khas Bandung, beberapa waktu lalu sudah aku posting ya teman-teman di beberapa postingan terpisah, kecuali yang C' Mar ini memang belum. Jadi jika mau mencoba warung gaul ala Bandung yang buka di sore hari, dengan menu rumahan yang khas Sunda, bisa dech coba ke C'Mar ini. letak warungnya ada di Jl. Baraga No.69, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. Kemaren dari hotel Ibis kita tinggal jalan kaki aja...deket. Warung ini buka dari sore hingga dini hari. Jika mau nggak penuh, datang aja pas baru buka sore hari gitu, masih sepi. Kalau malam, katanya sich berjubel yang makan di situ. Menu andalan di C'Mar yang terkenal adalah Gulai Sapi dan Sop Sapinya. Gulainya enak..unik..!






Malam hari, kita jalan-jalan lagi di sekitar hotel. Tempat yang paling cocok untuk menghabiskan waktu di malam hari di Bandung dengan suasana unik dan menyenangkan adalah menyusuri jl. Braga yang unik dan eksotik..yang merupakan pusat lifestyle Bandung sepertinya. Di sana banyak toko tua, atau Cafe dan Restoran unik, yang khas. Ada Cafe Bandros, Braga Punya Cerita, Resto jadul Alam Permai, dll. Masing-masing punya keunikan dan daya tarik tersendiri. Kemaren kami coba juga beberapa kafe, sekedar menumpang meneduh dari hujan gerimis, minum kopi dan coklat hangat, sambil menikmati suasana jalan Braga di malam hari. Buat yang hobi foto-foto...di Jl. Braga ini..bisa menjadi tempat yang menarik untuk berfoto ria lho.






Yuhu...itulah liputan liburan singkat kami ke Bandung beberapa waktu lalu teman-teman...ayuk main ke Bandung. Jika mau nggak mau kehabisan tiket dan kamar hotel, lebih baik persiapkan liburan jauh-jauh hari ya teman-teman. Apalagi semua serba mudah sekarang ya, tinggal cari info dan pesan paket pesawat dan hotel via Traveloka, praktis dan mudah. Pas banget lagi ada promo packages lho. Jadi kita bisa pesan kamar hotel dan tiket pesawat bersamaan, jadi lebih hemat. Kita juga bisa memilih beragam cara pembayaran, jadi praktis dan hemat waktu kan...jadi sekalian pesan tiket Pesawat, dan kamar hotel. Ada beragam pilihan paket juga, yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Tunggu apa lagi..ayuk liburan yuk....hihi.

Kita juga kapan-kapan mau ke Bandung lagi jika ada liburan, gara-gara di pamerin foto-foto sama keponakan dari Kerawang nich, sama teman-temannya yang suka bolak balik ke Bandung. Ya iyalah..enak ada tol ya dari Kerawang Ke Bandung, jadi bisa bolak balik Bandung tiap minggu juga bisa..hihi. Kalau keponakanku sukanya ke Lembang, karena di sana banyak tempat wisata seru yang lagi kekinian nich dan *instagramable*..hihi. Jadi bagus dan unik tempatnya buat foto-foto.

Ini foto-fotonya nich..Tempat wisata seru di sekitar Lembang Bandung teman-teman..sumber foto kiriman dari keponakan dan teman-temannya..hihi. Aku posting sekalian ya..siapa tau bermanfaat buat teman-teman yang hobi traveling dan foto-foto, dan suka ke tempat-tempat seru dan kekinian seperti ini ya..selamat berlibur ke Bandung ya.

Taman Hutan Bandung

 

Logde Maribaya

 




Kawah Putih